Mengenal Lebih Jauh “Yayoi Kusama” Seniman “Polkadot”


Baru baru ini, pameran seni yang berlokasi di Museum Macan Jakarta sedang ramai dibicarakan dan banyak diungguh di media sosial, dengan karya karya polkadot yang ditampilkan oleh seniman tersebut. Lalu siapa seniman dibalik karya polkadot yang sangat terkenal itu?


Dia adalah Yayoi Kusama adalah seniman perempuan yang lahir 22 Maret, 1929 (88 tahun), di Matsumoto, Nagano, Jepang. Yayoi Kusama yang merupakan "seniman obsesi" yang dideskripsikan sendiri, yang dikenal karena penggunaan luas bintik-bintik dan instalasinya yang tak terbatas. Dia menggunakan lukisan, patung, seni pertunjukan, dan instalasi dalam berbagai gaya, termasuk seni Pop dan Minimalis. 

Sebelumnya, Yoyoi di kenal sebagai seniman Nihonga, yaitu kaligrafi tradisional Jepang. Kemudian semakin berkembang menjadi seniman yang punya berpengaruh dalam pop art, minimalisme, feminist art, dan enviromental art.

Sebelum menjadi seniman yang terasosiasi dengan polkadot, Yayoi Kusama pada 1940an membuat karya. Setelah sukses di berbagai negara, pameran seni rupa “Yayoi Kusama: Life Is The Heart of Rainbow”  ditampilkan di Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara (Macan) pada 12 Mei-9 September 2018 dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. 


Yoyoi adalah seseorang yang sangat terobsesi pada fashion, pada tahun 1960, ia meluncurkan brand fashion sendiri dan pada tahun 2012 berkolaborasi dengan rumah mode Louis Vuitton.

Yoyoi Kusama saat ini memegang rekor seniman wanita yang masih hidup dengan karya termahal yang dilelang. Karya berjudul `White Net No.28` tahun 1960 laku seharga US$7,1 juta (sekitar Rp 100 miliar) di tahun 2014.

Dalam masa karirsnya Yoyoi pernah tinggal 37 tahun di RS jiwa karena  menghadapi problem bisnis sebagai art-dealer, Yayoi Kusama mulai mengalami gangguan mental. Ia pun akhirnya berakhir di sebuah rumah sakit di Jepang. Kemudian ia memutuskan tinggal dan menetap di sana sejak 1977.  


Karya karya yang sangat luar biasa dan menginsipirasi tersebut didukung dengan kerja kerasnya selama ini. Sukses terus!